About

Resensi Cerpen


pengertian resensi cerpen

Resensi Cerpen adalah


adalah pertimbangan atau pembicaraan tentang buku; ulasan buku, Sedangkan kata "mengulas" v itu sendiri mempunyai arti memberkan penjelasan dan komentar; menafsirkan dan sebgainya, untuk lebih jelasnya pengertian tersebut dapat dilihat di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Resensi merupakan sebuah tindakan apresiasi tehadap karya sastra dengan melihat kembali, menimbang, dan menilai yang ada dalam isi. Hal ini sama dengan sebuah penilaian, baik mengkritik atau membahasnya dengan pendekatan tertentu. Tujuan sebenarnya dalam meresensi tidak lepas yaitu memberi kemudahan kepada masyarakat dalam memahami suatu cerpen dengan mudah karena dengan melihat kisi-kisi yang ada didalamnya, ketika seorang penasaran melihat resensinya pasti orang tersebut akan mencari dan membeli bukunya. Selain itu juga bisa anda lihat tujuan dan manfaat sebuah resensi dibawah ini:

  1. Memberikan sebuah informasi dan suatu pemahaman yang lebih terinci mengenai apa yang ada dan tersirat dalam sebuah karya.
  2. Mengajak para pembaca untuk lebih dalam dalam menindak lanjuti apa yang ada didalmmnya dengancara merenungkan, memikirkan, serta mendiskusikan lebih dalam kejadian atau permasalahan yang ditampilkan didalam karya.
  3. Dapat dijadikan bahan pertimbangan mengenai kelayakan isi dan amanat apakah karya ini diterima ditengah-tengah masyarakat.
Jika anda hendak menjadi seorang resensi karay sastra atau resentor, anda perlu memperhatikan hal-hal yang ada dibawah ini:
1. Dalam penentuan judul harus sama dengan isi yang akan diulasnya.
2. Urutan dalam menyusun data
a. Judul Buku
b. Pengarang
c. Penerbit
d. Cetakan
e. Tebal Buku
f. Harga
3. Dalam pembuatan pembukuan anda perlu memperhatikan dibawah ini
a. mengulas siapakah pengarangnya, karyanya apa saja, dan prestasinya lalu bandingkan dengan genre sejenis.
b. Memperlihatkan keunikan buku
c. Mengkritik tentang kelemahan buku\
d. Merumuskan Tema
e. Memperlihatkan ciri khas baik pengarang maupun karyanya.

4. Membuat Pernyataan isi resensi buku
dalam hal ini diantaranya:
a. sinopsis
b. Mengulas secara singkat tentang buku
c. Keunggulan buku
d. Merumuskan kerangka
e. Penutup Resensi

dalam bagian penutup, berisi tentang manfaat buk tersebut yaitu apakah penting buku ini untuk siapa dan mengapa demikian.

Demikian mengenai Resensi Cerpen, dan tentunya akan ada muncul bagaimana cara membuat resensi yang baik dan benar? jika anda masih kebingungan dalam membuat resensi bisa anda lihat disini.



No comments:

Post a Comment