About

Resensi Cerpen Robohnya Surau Kami


Contoh Resensi
Didalam kesempatan ini bagi anda yang masih penasaran mengenai Cerpen Robohnya Surau kami bisa anda kisi-kisi dan ringkasannya dibawah ini, hal ini dilakukan untuk mempermudahkan anda dalam mencari apa yang ingin ketahui mengenai apa saja yang ada didalam cerpen.
Contoh Resensi Robohnya Surau Kami
Menceritakan banyak kisah, dari egi agamis dan kehidupan lainnya, intinya cerpen ini sangat bermanfaat untuk kita semua, karena sekarang moral dan perilaku kita sudah rusah, karena inilah waktunya pembenahan, dan pembenahan ini melalui sebuah Cerpen Robohnya Surau kami.


Resensi cerpen Robohnya Surau Kami



Pesan Moral Sang Cerpenis
Judul buku           : Robohnya Surau Kami
Pengarang            : Ali Akbar Navis
Penerbit               : Gramadia Pustaka Utama
Cetakan               : XIII, September 2007
Tebal buku           : 42 halaman

Karya pertama Ali Akbar Navis yaitu cerpen yang berjudul Robohnya Surau Pada tahun 1956. Sedangkan Beliau lahir 17 November 1924 di Padang Panjang, Sumatera Barat. Ali Akbar Navis mengenyam pendidikan di Perguruan Kayutanam. Cerpen Robohnya Surau Kami menceritakan kehidupan masyarakat yang sangat sederhana seperti halnya cerpen, cerpen dibawah ini:
Cerpen Angin dan Gunung memperlihatkan perjuangan seorang wanita yang tidak mempunyai tangan karena ikut berperang melawan penjajah dengan judul
Cerpen “Penolong” menceritakan tokoh Sidin membantu korban kecelakaan kereta api dengan tentara Jepang
Cerpen Anak Kebanggaan menceritakan tokoh Ompi yang selalu menunggu surat dari anaknya yang merantau di Jakarta walau dalam keadaan sakit.
Cerpen Dari Masa ke Masa menceritakan perbedaan pemuda pada zamannya dulu dengan pemuda pada zaman sekarang dalam cerpen.
serta cerita lainnya yang membuktikan berbagai kisah dalam buku ini Navis mengisahkan kehidupan masyarakat Indonesia yang masih penuh dengan kekolotan dan kesempitan cara berpikir pada masanya, bahkan pada masa pendudukan Jepang.
Didalam penggunaan diksi pembaca seakan dapat masuk didalam ceritanya, karena sudut pandanggnya menggunakan orang satu yaitu pembaca dan dalam setiap endding cerita terdapat suatu kejutan utnuk pembaca dapat dilihat contoh dari cerpen Pada Pembotakan Terakhir yang menceritakan seorang anak tiri yang dibunuh oleh ibu tirinya.
Dalam segi agamis bisa dilihat dari cerpen yang berjudul “Robohnya Surau kami” yang menceritakan seorang penjaga surau melakukan bunuh diri setelah mendengar cerita dari Ajo Sidi.
Begitu juga cerpen Datangnya dan Perginya” yang menceritakan tentang pernikahan satu darah atau kakak adik yang disebabkan kebodohan orang tuanya sendiri.  
Cerpen Topi Helm  menceritakan seorang mekanis kereta api yang membunuh masinisnya karena ada unsur balas dendam dengan membakar topi helm kebanggaannya
Cerpen Menanti kelahiran yang menceritakan seorang majikan ditipu oleh pembantunya sendiri
Cerpen Nasihat-nasihat menceritakan anak yang kecewa terhadap bapaknya sendiri. Dari contoh-contoh cerpen ini dapat membuktikan bahwa seorang pengarang dalam penggunaan diksi tidak lepas akan memberikan pesan moral yang tersirat melalui segi agamis
Didalam cerpen ini banyak mengandung pesan dan makna yang sangat luar biasa mengenai moral. Hal ini menggambarkan agar kita sebagai pembaca akan berusaha memperbaiki dan bertindak sesuai sariat dan hokum yang ada, hal ini juga menggambarkan kurang seimbangnya perilaku dan sikap yang menjurus tentang arti dunia dan apa itu akhirat. Biaanya mansia sering mengutamakan dunia dari pada akhirat nanti. Kita sebagai manusia yang dibekali akal, fikir dan berlandaskan atas keagamaan tentunya kita tidak tergolong seperti halnya yang digambarkan pada cerpen-cerpen diatas
Buku ini mempunyai banyak hikmah yang perlu anda dan kita petik jika kita ingin tergolong sebagai makhluk yang beruntung, selain itu buku ini juga banyak pesan mral yang selalu menunutn kita kejalan yang lebih baik. Tidak lepas pula bukui ini juga dapat dijadikan dokumentasi tentang pelajaran arti hidup yang sekarang atau yang akan datang.


Demikian Resensi Cerpen Robohnya Surau Kami, semoga bermanfaat dan dapat dijadikan bahan resensi untuk tugas-tugas sekolah, bagi anda yang ingin melihat contoh resensi lainnya dan tentang analisis sastra bisa lihat disini.

No comments:

Post a Comment