About

ANALISIS CERPEN "NI LUH SARI"



Insiden merupakan suatu kejadian yang membentuk suatu cerita atau peristiwa dalam sebuah karya tulis (satua, cerpen. novel dll). Kaitannya dengan Artikel ini, ada beberapa insiden yang terjadi di dalamnya antara lain :
Kutipan :
1.      “Santukan mrasa ring dewek jegeg, jantos engsap ring paplajahan tungkul ngitungan kajegegan, selid sanja mapayas ring kamare nenten naenin mlajah. Sebilang wengi mapeneman ring anggurane nyantos dalu. Memene sampun kuciwa ngwelin ipun, taler tan prasida antuka”. (Kutipan cerpen Ni Luh Sari, halaman 3, paragraf 2). Karena merasa dirinya cantik, Luh Sari lupa dengan tugasnya sebagai siswa yang harus belajar dan membantu orang tuanya. Kerjanya hanya berdandan dan mendatangkan tamu laki-laki, dia pun tidak mendengarkan nasehat ibunya dan membuat ibunya kecewa terhadap tingkah lakunya itu.
2.      “Parisolah Ni Luh Sarine sanglad kakantenang olih memen ipune, raris kasambatsara, “Ning, man lakar kija kali jani nyalah masa ning ? Buina jani rerainan gede, meme jumah pedidi mrasa kosek yening cening magedi”. (Kutipan cerpen Ni Luh sari, halaman 3, paragraf 3). Tingkah laku Luh Sari yang kasar atau tidak baik itu, ditegur oleh ibunya, karena kerjanya hanya keluyuran dengan laki-laki tidak mengenal hari apapun, namun teguran itu tidak dihiraukan sama sekali oleh Luh Sari dengan perkataan kasar.
3.      “Sampun wengi paksana ngidemang paninggalane mangda dados ugi masare. Nanging tan sida sirep santukan inget ring pianak kantun malali mamukti karasmin. Sampun reka das lemah Ni Luh Sari raris nogdog jlanan”. (Kutipan cerpen Ni Luh sari, halaman 3, paragraf 5). Dalam insiden ke-3, diceritakan ibunya Ni Luh sari tidak bisa tidur karena ingat dengan anaknya Ni Luh sari yang belum pulang juga dari kerjanya yang keluyuran itu, hingga untuk memejamkan mata pun susah bagi ibunya Luh sari.
4.      “Macebur NiLuh sari ngelenang liat, tan rungu ring patakon memene terus nyagjag ka rurunge. Ajahan sampun ba duur sepeda motore magandeng ngajak timpalne muani. Ngencolang memenipun nyagjag ngetut aji paliat, nanging ajahan sampun ical kaplaibang antuk sepeda motor”. (Kutipan cerpen Ni Luh sari, halaman 4, paragraf 10). Dalam insiden ini, Ni Luh Sari tidak menghiraukan teguran ibunya yang ingin menanyakan kemanakah gerangan Ni Luh Sari pergi, namun dia langsung pergi begitu saja menghampiri laki-laki yang sedang menunggunya di jalan.
5.      “Sedek dina anu semengan Ni Luh Sari namdabang payas pacang mlali sareng timpal-timpal ipune muani. Saking tan sida antuk naanang kebus atine, raris memenipune nyambatsara sada keras”. (Kutipan cerpen Ni Luh sari, halaman 4, paragraf 11). Dalam insiden ini pun, Luh Sari seperti biasa berhias karena mau pergi dengan teman laki-lakinya, namun karena karena ibunya sudah tidak tahan lagi dengan tingkah lakunya Ni Luh Sari, ibunya pu menegur dengan keras, masih saja tidak dihiraukannya.
6.      “Ni Luh Sari wau bangun uli di kamare sebenge layu dudus paninggalane bengul, digelis nyagjagin meme, saha ature alus masambilang ngeling. “Me...Me tiang nunas ampura, nista meme madrebe pianak kadi titiang...”. Mekesyab memenipun antuk tumben ngantenang solah pianake kadi sapunika. “Man apa ning, apa mirib ane sebetang cening tumben anake buka cening paak teken meme !” “Tiang...tiang...”, pegat pegat munyinipune santukan lintang lek teken i meme. “Nah lautang ning da lek teken meme !” “Tiang...sampun...sampun...misi”. Makebyos yeh peningalan memenipune wau miragi atur pianake sapunika. (Kutipan cerpen Ni Luh sari, halaman 5, paragraf 15 - 20). Insiden terkhir, diceritakan suatu pagi, sehabis memasak ibunya dihampiri Luh sari dengan wajah memilas sedih, dan Luh sari berkata dengan gugup, bahwa dia telah hamil, tidak tahu siapa ayah dari benihnya itu, seketika ibunya menangis mendengar pernyataan Ni Luh Sari itu.

Alur ( Plot )
Plot merupakan suatu jalinan cerita dan rentetan peristiwa yang membentuk sebuah cerita dimana unsur-unsur sebab-akibat dari peristiwa itu terjadi dari segi logis dan kronologis suatu cerita. Dari cerita Luh Sari dapat dipaparkan beberapa plot yang terjadi diantaranya :
Kutipan:
1.      “Santukan mrasa ring dewek jegeg, jantos engsap ring paplajahan tungkul ngitungan kajegegan, selid sanje mapayas ring kamare nenten naenin mlajah. ( Kutipan, cerpen Ni Luh Sari, hal 3 paragraf 2 ). Karena Ni Luh Sari merasa kalau dirinya cantik, menarik dan disukai para lelaki, jadi kerjanya hanya berhias tanpa mempedulikan tugasnya sebagai seorang siswi yang harus menuntut ilmu atau belajar
2.      “Parisolah Ni Luh Sarine sanglad kakantenang olih memen ipune, raris kasambatsara, “Ning, man lakar kija kali jani nyalah masa ning ? Buina jani rerainan gede, meme jumah pedidi mrasa kosek yening cening magedi”. (Kutipan cerpen Ni Luh sari, halaman 3, paragraf 3). Ni Luh Sari marah, kepada ibunya karena dinasehati dan ditanya, karena Ni Luh Sari ingin pergi disaat malam pas hari raya. Sedangkan ibunya dirumah sendirian, ibunya takut kalau NI Luh Sari pergi di malam itu.
3.      “Iseng taler memenipune nyemak bukune abesik, nanging boya ja buku paplajahan sane wenten irika, boya seos sami buku-buku komik miwah buku-buku cabul. Ajahan makebios yeh peningalane, antuk tan sida naanang kebus buka borbor”. Dalam plot ini, diceritakan ibunya Luh Sari tidak sengaja masuk ke kamarnya Ni Luh Sari dan ibunya melihat tumpukan buku di tempat Ni Luh Sari biasanya belajar, namun bukannya buku pelajaran yang dilihatnya tapi buku komik dan majalah porno, seketika ibunya terkaget dan menangis terhadap tingkah laku anaknya itu.
4.      “Ni Luh Sari wau bangun uli di kamare sebenge layu dudus paninggalane bengul, digelis nyagjagin meme, saha ature alus masambilang ngeling. “Tiang...sampun...sampun... misi”. Makebyos yeh peningalan memenipune wau miragi atur pianake sapunika. Irika raris Ni Luh Sari nyesel raga tau teken dewek pelih. Duk saking irika raris ngobah papineh anut ring tutur reramanipune. ( Dikutif, dari cerpen Ni Luh Sari, hal. 5,6 paragraf 14,18,21 ) Bangun dari kamarnya Ni Luh sari bermuka memelas sedih kepada ibunya, dengan perkataan yang sopan sambil meneteskan air mata, Ni Luh Saripun berbicara dengan terbata-bata bahwa dia telah hamil, ibunya terkejut sambil menangis dan tidak bisa berkata apa-apa, hanya menyesali tingkah laku anaknya yang suka mengbangkang. Dari situlah Ni Luh Sari menyesal dan mulai berubah.

Tokoh
Tokoh merupakan pelaku maupun sesuatu yang menjadi tokoh dalam sebuah cerita, dalam cerpen ini ada beberapa tokoh yang diceritakan :
1.      Ni Luh Sari sebagai anak yang bersifat antagonis ( tokoh utama ).
2.      Ibu Ni Luh Sari yang bersifat prontagonis ( tokoh utama ).
3.      Seorang laki-laki yang merupakan tokoh pelengkap dalam cerita ini.
Kutipan cerita Ni Luh Sari yang bersifat antagonis dan ibunya yang bersifat prontagonis :
1.      “Ni Luh Sari gelis nyaurin sad banggras, ”Tiang lakar jumah timpale sep me, pacang mlajah santukan benjang wenten ulangan ring sekolah”. Ni Luh Sari menjawab ibunya dengan kasar dan bohong tentang maksud kepergiannya saat itu.
2.      “Meme kemig ngwel anake buka cening dong ane buka kene jejehin meme, anak cara jani bas bebas pergaulan luh-luhe, liu ane tangkas teken papineh anak tua mapi paling ririh”. Tokoh seorang ibu yang menyesali tingkah laku anaknya yang terkena pergaulan bebas.
3.      “Meme lacur ngelah pianak buka cening, anak cening mula anggon meme sesuluh sesai, anggo meme bungan umah ane nyandang cagerang meme sing suba tua, apang ada ane slelegin meme”. Seorang ibu yang menyesali perilaku anaknya yang sudah terlanjur terjadi, hanya bisa memaafkan anaknya yang menjadi penyemangat hidup ibunya.

Penokohan / Watak
Penokohan merupakan sikap. Watak dalam penokohan yang menjadi cara seorang pengarang melukiskan watak tokoh dalam sebuah cerita. Dalam cerita ini dilukiskan penokohan seorang anak dan ibunya seperti dikutip di bawah ini :
1.    Di awal cerita, diceritakan seorang gadis yang bernama Ni Luh Sari yang berwajah cantik nan rupawan, namun kecantikannya itu tidak sesuai dengan sifat atau wataknya yang tidak menghiraukan nasehat orang tuanya, kerjanya hanya keluyuran dengan laki-laki yang tidak jelas asal-usulnya, akibatnya pergaulan atau pengaruh hidup bebas Ni Luh sari kena karmanya yakni hamil tanpa tahu siapa yang menanam benih dalam perutnya, karena setiap keluar selalu gonta-ganti laki-laki. (Kutipan, penokohan Ni Luh Sari) “Santukan mrasa ring dewek jegeg, jantos engsap ring paplajahan tungkul ngitungan kajegegan, selid sanje mapayas ring kamare nenten naenin mlajah. Sebilang wengi mapeneman ring para anggurane nyantos dalu. Memene sampun mrasa kuciwa ngwelin ipun, taler tan prasida antuka “.
2.    Diceritakan seorang ibu, yang kecewa karena nasehatnya tidak dihiraukan anaknya, yang kerjanya hanya berhias dan keluyuran saja, namun karena si ibu hanya mempunyai seorang putri saja, jadi si ibu tidak menyerah gitu saja dengan sikap cuek anaknya itu, sampai si ibu tidak bisa tidur memikirkan anaknya itu. Hingga ibunya itu putus asa, namun saat itu anaknya sadar dengan tingkah lakunya selama ini karena si anak kena karmanya yakni hamil di luar nikah. Ibunya hanya bisa memaafkan dan menyesali sikap anaknya itu. ( Kutipan, penokohan ibu Ni Luh sari ) “Ipun ngebahang dewek ring plangkane, sigsigan ipun ngeling inget ngelah pianak setata nyakitin rerama. Sampun wengi paksana ngidemang peninggalanne mangda dados ugi masare, nanging tan prasida sirep santukan inget ring pianak kantun mlali mamukti karasmin”.
Latar / Setting
Yang merupakan tempat kejadian dimana tokohnya beriteraksi atau kapan kejadian itu terjadi, dalam cerpen ini setting yang dipakai atau kejadian yang terjadi pada :
1.    Terjadi atau mengambil setting di sebuah banjar yakni “Banjar Tegal”. Kutipannya : “mangkin wenten jatma sugih mapaumahan ring Banjar Tegal, ipun maderbe bapa sampun ninggalin padem kantun padaduanan Ni Luh Sari ring memenipune”.
2.    Pengarang mengambil setting di sebuah rumah, tepatnya di kamarnya Ni Luh Sari. Kutipannya : “selid sanja mapayas ring kamare nenten naenang melajah.” “memenipune jumah pedidi naanang ngembeng yeh peninggalan ngantenang parisolah pianak ipune raris ipun ngranjing ring genah pianakne masare. Seos malih wenten buku matumpuk-tumpuk ring duur mejane tongos Ni Luh Sarine melajah”.
3.    Mengambil setting di sebuah jalan pada hari minggu. Kutipannya : “ih me, mangkin rahina Radite tiang lakar mlali sep!” Macebur Ni Luh sari ngelenang liat, tan rungu ring patakon memene, terus nyagjag ka rurunge.

Maka Analisis yang bisa diambil dari kutipan di atas :
1.    Ada seorang gadis bernama Ni Luh Sari dengan ibunya yang punya rumah di Banjar Tegal, yang sudah ditinggal mati oleh ayahnya dan mereka pun adalah orang kaya.
2.    Kerjanya Ni Luh Sari setiap hari hanya berhias di kamarnya tanpa pernah mau belajar dan kerjanya hanya keluyuran dengan laki-laki. Dan ibunya di rumah menahan sedih melihat tingkah lakunya anaknya itu, sambil pergi ke kamar anaknya dan coba melihat-lihat buku yang menumpuk di meja belajar, namun bukan buku pelajaran yang dilihatnya tapi buku komik dan majalah porno.
3.    Pada suatu Minggu, Ni Luh Sari berhias ingat dengan janji dengan seorang teman laki-lakinya, namun ketika mau ditanya oleh ibunya dia langsung pergi ke jalan tanpa memperhatikan ibunya karena Ni Luh Sari sudah ditungguin di jalan oleh seorang laki-laki.

Tema / Ide Pokok
Tema merupakan sebuah gagasan atau pikiran utama yang kemudian dikembangkan ole penulis untuk membentuk sebuah kalimat, paragraf dan cerita. Dalam cerita Ni Luh sari, yang menjadi pikiran utama atau ide pokok adalah :
Kutipannya “Mangkin wenten jatma sugih mapaumahan ring Banjar Tegal, ipun maderbe bapa sampun ninggalin padem kantun padaduanan Ni Luh Sari ring memenipune. Ni Luh Sari sampun anom jegege tan patanding, kenyemne mengalap jiwa, kemikan bibihne manis nyuryur putih gading pangadege langsing lanjar. Bengong wiakti anake mangatenang. Nanging kajegegan tan anut ring parisolah ipune. Sering tungkas ring papineh anak tua, tur degage mangonyang.” “Menceritakan orang kaya dan punya rumah di Banjar Tegal yang bernama Ni Luh Sari. Namun dia tinggal berdua bersama dengan ibunya karena ayahnya sudah meninggal dunia, Ni Luh Sari seorang gadis cantik menawan, namun kecantikannya tidak sepadan dengan sifatnya yang angkuh dan tidak mau mendengarkan nasehat orang tuanya itu”.

Amanat
Amanat adalah gagasan yang mendasari karya sastra atau bisa dibilang amanat adalah suatu pesan yang ingin disampaikan pengarang kepada pembaca atau penikmat sastra melalui isi atau makna dari karya yang dibuatnya. Dalam cerita Ni Luh sari, amanat yang disampaikan penulis kepada pembaca adalah : “Penulis mengingatkan kepada pembaca sebagai seorang wanita, janganlah pernah membantah atau tidak menghiraukan nasehat orang tua, dan juga berhati-hatilah membawa diri dalam pergaulan, karena sekali kita salah bergaul akan mengakibatkan penyesalan dalam diri kita sendiri ( terkena pergaulan bebas)”. Kutipannya : Meme kemig ngwel anake buka cening dong ane buka kene jejehin meme, anak cara jani bas bebas pergaulan luh-luhe, liu ane tangkas teken papineh anak tua mapi paling ririh, nganti engsap teken awak luh. “Penulis juga mengingatkan pada kita sebagai seorang anak yang masih sekolah janganlah lupa pada tugas dan kewajiban kita”. Kutipannya : Ni Luh Sari mangkin sampun kelas kalih ring SLTA santukan mrasa ring dewek jegeg, jantos engsap ring paplajahan tungkul ngitungan kajegegan, selid sanja mapayas ring kamare nenten naenin mlajah.

No comments:

Post a Comment