About

unsur intrinsik novel laskar pelangi

unsur intrinsik novel Laskar Pelangi 

 

Unsur intrinsik Laskar pelangi

 

semuanya pasti sudah tahu baik bukunya maupun filmnya, didalam novel ini sangat memberikan inspirasi buat kita semua mengenai arti dan pentingnya sebuah pendidikan, dan juga tidak lepas dari perjuangan untuk meraih sesuatu yang diinginkan. dalam menganalisi untuk mencari pesanpun bermacam-macam karena didalam dunia Analisis Cerpen banyak teori-teori atau pendekatan tertentu, bergantung penulis akan menelusuri dari segi mana saja.

unsur intrinsik laskar pelangi, salah satunya dalam menganalisis Novel Laskar pelangi. kita harus tahu mengenai novel dan unsur intrinsik film laskar pelangi. pastinya antara buku dengan film sangat berbeda, ada yang ditambahi peran tertentu dan ada pula yang dikurangi kejadia tertentu, akan tetapi penguranagn dan penambahan itu tidak mempengaruhi nilai estetika laskar pelangi itu sendiri.

dalam kesempatan ini akan mengorek tentang Unsur Intrinsik Novel Laskar pelangi. simak kajiannya dibawah ini.

 unsur intrinsik novel laskar pelangi

a.  Tema 
Kisah atau tema yang menonjol ditampilakn yaitu mencangkup dunia pendidikan, tetapi bukan hanya pendidikannya saja, melainkan mencangkup, cara perjuangan untuk belajar maupun mengajar, hal ini diperlihatkan perjuangan seorang guru untuk mengabdikan jiwa dan raganya hanya untuk negerinya, sedangkan untuk siswanya, walaupun untuk berangkat kesekolah menmpuh jarak panjang bahkan rintangan dijalan sangat membahayakan jiwanya tetapi anak-anak laskar pelangi tetap nekat karena hanya untuk belajar. 
b.  Penokohan 
 Tokoh utama dalam novel Laskar pelangi diantaranya Ikal, Lintang dan Mahar sedangkan tokoh tambahanya adalah Syahdan, Bore  (samson), Kucai, A Kiong, Trapani, Harun,  Sahara, Flo serta guru mereka yaitu Bu Muslimah dan pak Harfan. Kesepuluh siswa ini dinamakan Laskar Pelangi. Penokohan dalam  novel ini diceritakan bagitu lengkap,detail,dan menyeluruh sehingga karakter yang ditampilkan begitu kuat dan utuh. 
c.  Latar 
tempat yang sering ditonjolkan yaitu Sekolah muhammadiyah. dan yang lebih tampai lagi bahwa masyarakat Belitong tergolong ekonomi rendah. dalam hal ini dimaksudkan karena latar dapat menerangkan sebuah tema, waktu yang diceritakan yaitu saat berangkat sekolah sampai pulang sekolah dan kegiatan sehari-hari senja, menjelang magrib, setelah subuh, pada waktu pagi, sore, di siang ini serta penyebutan hari 
 
d.  Sudut Pandang
Aku mewakili dari Ikal, Syahdan, dan tokoh pembantu lainnya (Tokoh Laskar pelangi ) karena semua tokoh berperan penting dalam setiap penggal ceritanya. 

e.  Amanat
Bersyukurlah kita tergolong dari golongan mampu, dari seragam, tas, sepatu, uang saku dan bahkan gedung sekolah yang sudah memadai bisa kita nikmati. suatu kerja keras akan memperoleh hasil semanis mungkin, karena Tuhan tidak akan berdiam diri melihahambanya bersungguh sungguh hati dalam memperjuangkan sebuah cita-cita.. 
 
Maaf kalau kali ini tentang analisis novel kurang komplit mengenai  unsur intrinsik novel laskar pelangi, tapi jangan bingung karena admin ini selalu mengupas tentang karay-karya yang populer, silahkan dilihat disini beberapa contoh analisis cerpen lainnya, yang dapat dijadikan sebuah materi belajar.

No comments:

Post a Comment